Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kartu prakerja dan bagaimana cara memanfaatkanya?

Kartu Prakerja

Masnyontek - Dari sejak pendaftaran pertama prakerja dibuka hingga hari ini topik tentang prakerja masih saja ramai dibicarakan di dunia internet. Lantas apa itu kartu prakerja? Kartu prakerja adalah program dari pak jokowidodo yang dikhususkan untuk membantu lebih banyak anak mudah yang nganggur.

Prakerja dibuka bagi siapa saja, asalkan sesuai dengan syarat yang ada pada laman prakerja.go.id, diantaranya. Penerima harus merupakan warga negara Indonesia, ber-usia minimal 18tahun keatas, tidak sedang bekerja, tidak sedang sekolah dan juga bukan pegawai.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari program kartu prakerja berupa pelatihan gratis untuk mendukung kemampuan dalam dunia kerja. Selain itu penerima manfaat juga akan diberikan insentif yang bisa dicairkan dalam bentuk uang digital. Insentif ini bebas digunakan untuk apa saja, namun lebih direkomendasikan sebagai penunjang pekerjaan.

Misalnya insentif bisa digunakan sebagai modal usaha, biaya semua akomodasi yang dihabiskan selama mencari pekerjan, kebutuhan pulsa dan lain-lain. Jika kamu ingin mendaftar kartu prakerja pastikan kamu sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan prakerja,silakan baca di halaman faq melalui situs prakerja.go.id/faq


Bagaimana cara memanfaatkan kartu Prakerja?

Untuk mendapatkan manfaat kamu harus terlebih dahulu mendaftar disitusnya. Panduan mendaftar sudah tersedia di dalam halaman faq prakerja, jangan lupa setelah mendaftar ikuti gelombang yang dibuka sesuai dengan daerahmu masing-masing. Pendaftaran prakerja membutuhkan:
  • Nomor Kartu Keluarga & Nik
  • Foto KTP
  • Rekening Bank BNI atau e-wallet seperti ovo,gopay,link aja yang sudah terupgrade dengan KTP
  • Kuota Unlimited buat pelatihan
  • Laptop atau ponse Android



Setelah kamu diterima sebagai penerima manfaat kartu prakerja kamu akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar 1 juta rupiah. Saldo ini tidak bisa dicairkan tapi hanya bisa digunakan untuk membeli paket pelatihan sesuai pasionmu di situs mitra prakerja.

Saldo pelatihan akan hangus jika dalam 1 bulan (30hari) tidak dibelanjakan apapun. Maka dari itu segera beli paket pelatihan setelah uang pelatihanmu masuk ke akun prakerja. Pelatihan dilakukan secara online, kamu bebas mau belajar apa saja.

Misalkan kamu ingin belajar cara membangun usaha sendiri, silakan beli di situs mitra prakerja. Pelatihan bisa diselesaikan dalam beberapa hari, akan ada video serta soal-soal yang harus kamu jawab. Setelah kamu menyelesaikan pelatihan maka kamu akan mendapatkan serifikat.

Dalam 1x78jam kamu akan menerima isentif pertama yang dikirim secara bertahap. Insentif dikirim sebesar 600ribu/bulan selama 4 bulan. Uang ini bisa kamu gunakan untuk membuka usaha, ataupun mencari kerja sebagai modal bantuan utama. Selain itu masih ada bonus lainya yaitu uang survey sebesar 50rb/survey yang bisa kamu cairka ke e-wallet kamu setelah mengisi survey.


Pelanggaran

Sebelum mendaftar kartu prakerja sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu s&k yang ada didalam situsnya. Karena kartu prakerja merupakan program pemerintah dan uang negara, selain itu jika kamu mendaftar berati kamu sudah menandatangani perjanjian hukum. Artinya kamu setuju terhadap syarat dan ketentuan prakerja serta menyatakan diri dengan jujur sebagai orang yang sah untuk mendapatkankan manfaat kartu prakerja sesuai dengan s&k prakerja.


Tahapan - Tahapan mengikuti prakerja dan dapat insentif!

Tahapan Membuat akun Prakerja
Tahapan yang akan kamu lalui akan sangat panjang sekali dan membutuhkan kesabaran yang ekstra. Pertama kamu akan dihadapkan dengan proses pendaftaran yang merupakan bagian tegistrasi kartu prakerja, pendaftaran ini membutuhkan identitas dan validasi data. Lamanya bisa memakan waktu hingga 30 menit, saya sendiri sewaktu pendaftaran akun baru dimulai mendaftar menghabiskan waktu selama satu jam.

Selain memasukan identitas, nama, alamat, KTP kamu juga harus melalui seleksi. Seleksi ini akan menentukan apakah kamu berhak mengikuti program prakerja atau tidak serta untuk mengidentifikasi valid atau tidaknya data yang kamu masukan. Bila sudah selesai kamu akan diminta menyelesaikan 19 butir soal tentang pengembangan diri.


Tahapan Mengikuti seleksi Gelombang
Seleksi gelombang akan dibuka bila sudah ada pengumuman resminya dari pihak prakerja. Oleh karena itu kamu harus menunggu sampai gelombang pendaftaran dibuka, follow semua media sosial prakerja guna mendapatkan informasi yang lebih cepat.

Bila sudah ada pengumukan catat waktunya tanggal dan jam kapan buka, pada jatuh tempo di waktu tersebut kamua secepatnya mengklik gabung pada gelombang yang tersedia. Kuota pendaftaran setiap gelombangnya sangat terbatas, bila kamu terlambat bisa jadi tidak lulus nantinya.

Setelah mengikuti gelombang, akan ada seleksi pemilihan lulus atau tidaknya. Kamu akan mendapatkan notice melalui sms bila lulus, beserta kapan saldo pelatihan masuk ke akun kamu.


Tahapa pelatihan prakerja secara online
Setelah mendapatkan saldo dan jatuh tempo pada tanggalnya kamu harus membelanjakan saldo prakerjamu dengan paket pelatihan yang sesuai dengan passion kamu. Gunakan nomor prakerja pada saat pembayaran, pastikan nomor HP aktif untuk menerima kode OTP.

Latihan dimulai dengan menonton beberapa video di aplikasi pelatihan terkait, kemudian dibagian akhir akan ada ujian khusus yang berisi pertanyaan seputar video yang pernah kamu tonton sebelumnya. Proses pelatihan hanya bisa dilakukan selama 30 hari terhitung saat saldo masuk ke akun prakerja kamu.

Ada juga tahapan kedua yaitu tahapan Webinar, seminar atau webinar ini adalah sama saja. Kamu akan menyaksikan video dari kakak-kaka yang membuat pelatihan tersebut. Dia akan menjelaskan tips, motivasi, serta bisa saling bertanya jawab tentang pelatihan yang kamu ikuti. Sama seperti rapat gitu, ada seseorang guru yang akan merepresentasikan suatu kegiatan terkait pelatihan kamu. Setelah mengikuti pelatihan maka kamu akan mendapatkan sertifikat. Perhatian sertifikat hanya bisa didapatkan jika kamu menyelesaikan ujian dengan benar nilai minimum 70 ya.


Menerima insentif
Insentif akan dikirim ke rekening kamu dalam waktu 4 bulan berturut-turut. 1 bulan 600ribu sebanyak 4x dalam penerimaan. Kemudian ada juga insentif survey kebekerjaan sebesar 50ribu rupiah sebanyak 3x.

Uang ini bebas kamu gunakan untuk membeli apa saja, tapi gunakanlah uang ini untuk membuka usaha saja. Karena memang target program prakerja adalah untuk memulihkan ekobnomi masyarakat yang tengah jatuh ditengah pandemi.


Demikianlah cara mengikuti program kartu prakerja dan memanfaatkanya kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.