Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis error prakerja.go.id dan cara mengatasinya

Cara mengatasi masalah seputar kartu prakerja

Masnyontek - Daripada gabut nggak ada kerjaan mending putri mau bagi-bagi pengalaman aja ke teman-teman. Buat yang masih berjuang dalam mendaftar prakerja, baik yang belum semoga cepat ikutan ya. Tanggal 8 agustus lalu pendaftaran gelombang ke 4 sudah dbuka, tapi masih banyak yang belum paham. Mereka malah daftar pada tanggal 8 agustusj hadeh...

Pendaftaran akun sudah bisa dilakukan sejak lama say, kamu bisa mendaftar akun kapan saja. Yang dibuka itu seleksi pemilihan gelombang, prakerja membagi-bagi gelombang pendaftaran agar tidak terjadi overload. Nah gelombang pendaftaran ini adalah seleksi yang bisa menentukan kamu lulus atau tidak sebagai penerima kartu prakerja. Biar nggak repot daftar akunya lebih awal say, biar ketika pembukaan gelombang kita tinggal klik gabung saja.

Dalam proses pendaftaran biasanya ada banyak seki permaslahan yang timbul. Mulai dari masalah internal server error hingga kesalahan dalam menginput data. Berikut ini aku bagi-bagi tips bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang terjadi seputar kartu prakerja. Pokoknya semuanya berdasarkan kemampuan dan pengalaman aku ya.


Nomor Ponsel Terblokir / Ngak aktif

Kalau kamu mendaftar prakerja harus gunakan nomer utama kamu say, pastikan nomernya selalu aktif. Nomer ini akan digunakan untuk menerima kode OTP setiap kali kita akan melakukan transaksi di situs prakerja.go.id, nah apabila nomornya tidak aktif artinya sudah tidak bisa lagi menerima OTP dan kita tidak bisa transaksi apapun.

Uniknya ada sebagian akun yang bisa mengganti nomer ponsel mereka. Namun kebanyakan tidak bisa, jika nomer kamu sudah memang terblokir datanglah ke dealer grafari operator untuk meminta aktifkan kembali nomer tersebut. Kalau sudah tidak bisa lagi kamu bisa meminta bantuan cs prakerja, silakan klik kontak pada halaman prakerja.go.id kirim email ke csnya infokan semua kendala yang kamu alami.

Harap bersabar, cs bekerja keras menangani ratusan orang yang mendaftar. Maka dari itu terkadang pesan kita lambat dibalas, untuk lebih cepat kamu bisa menghubungi cs via telpon (Berbayar).


Cara mengganti Nomor HP dan Rekening prakerja
Salah satu dari sebagian banyak kasus yang paling ribet adalah masalah nomor yang sudah tidak aktif lagi. Apabila kamu belum mengaitkan rekening atau akun E-Wallet ke prakerja maka kamu masih tetap bisa mengganti nomor ponsel yang ada pada prakerja.go.id, namun cukup sulit mengganti nomor prakerja yang sudah terkait dengan rekening bank/e-wallet. Tapi jangan khawatir berikut ini cara mengganti nomor di kartu prakerja yang benar.

Sebelum mengklik tombol putuskan rekening di kartu prakerja, sebaiknya kamu ganti terlebih dahulu nomor utama pada rekening BNI atau E-Wallet kamu. Lakukan verifikasi dengan kode OTP agar nomor baru tersebut menjadi nomor utama dalam akun e-wallet.

Setelah selesai penggantian, selanjutnya barulah klik putuskan rekening pada kartu prakerja. Sistem akan mengecek kembali apakah nomor kamu masih terpasang pada e-wallet atau tidak, bila masih terpasang maka tidak akan bisa dilepas.

Kalau sudah berhasil selanjutnya adalah mengganti nomor Hp dengan yang baru, klik ubah pada bagian nomor ponsel. Kemudian masukan nomor baru yang ingin kamu gunakan, pastikan memsukam nomor yang terdaftar di rekening ya. Setelah itu kamu akam diminta memverifikasi kepemilikan nomor lewat kode OTP yang dikirim melalui SMS.

Setelah nomor terhubung dengan akun prakerja, langkah selanjutnya adalah menghubungkan kembali rekening kamu ke praketja. Cara ini juga bisa digunaka ketika kamu menggunakan gopay dan tidak sengaja terblokir. Sekarang jagalah nomor baru agar tetap aktif selama minimal 6 bulan sampai kamu sudah menerima semua insentif prakerja.


Kode OTP tidak masuk

Kesalahan bisa saja terjadi pada nomer ponsel yang kamu masukan. Pastikan kamu mengetikan nomernya dengan benar, silakan eja kembali nomor yang kamu masukan apakah ada kesalahan atau tidak. Setelah itu klik kirim ulang, tunggu setidak ya hingga 5 menit sebelum meminta kiriman kode yang baru.

Permintaan kode OTP ada batasnya say, kamu hanya bisa meminta kode OTP 3x dalam sehari. Bila sudah mencapai batas permintaan kamu tidak akan bisa meminta kiriman kode yang baru, solusinya silakan tunggu esok hari agar bisa meminta kode OTP yang baru lagi.

Perlu saya infokan untuk simcard axis, dan xl penerimaan kode OTP agak sedikit lebih lambat. Jadi pastikan kamu menunggu hingga setidaknya 5 menit sebelum meminta kode baru, kode yang dikirim setiap permintaan itu berbeda-beda jika dipaksakan meminta beberapa kali bisa jadi kodenya terkirim semua nanti. Dan kamu bingung mau pake kode yang mana.


Halaman Prakerja.go.id Blank Putih

Kalau yang satu ini ada hubunganya dengan server prakerja, biasanya server tengah mengalami gangguan. Jika kejadian bukan cuma kamu saja yang akan mengalaminya, tapi semua orang akan melihat hal yang sama. Yaitu sebuah halaman koson tanpa form atau teks apapun. Solusinya jika menemukan halaman prakerja blank putih silakan kamu tunggu beberapa saat baru kemudian akses lagi.

Tidak perlu terburu-buru karena kamu punya banyak waktu di prakerja, ada waktu pendaftaran akun bisa dilakukan kapan saja selama program masih dibuka, waktu pendaftaran gelombang selama 4 hari, waktu pelatihan 30 hari, insentif selama 4-5 bulan.


Kesalahan memasukan Nik & KK

Kamu sudah yakin dengan nik dan nomor kk yang kamu masukan namun muncul notif keterangan kalau kk tersebut tidak valid. Hal ini berati nomer kk kamu belum terdaftar secara online say, silaka datangi disdukcapil terdekat ditempatmu untuk menanyakan status keterdaftaran Nomor KK tersebut apakah sudah terdaftar dalam database online ataukah belum.

Jika kesalahanya masih saja terjadi silakan menghubungi cs prakerja, minta agar cs mengecek kembali data kamu secara manual. Karena hampir semua data input yang kita masuka dicek secara otomatis, hanya beberapa diantaranya dicek secara manual.


Sudah ikut pelatihan Tapi akun kembali ke versi Awal

Kalau yang ini kesalahan murni terjadi pada sistem situs prakerja, solusinya adalah hapus cookie atau data browser kamu dan login ulang di situs dashboard.prakerja.go.id jika masih saja mengalami gangguan kamu hanya perlu menunggu beberapa saat. Setelah itu login ulang melalui situs prakerja langsung.

Jangan login malalui link fanspage di facebook, karena fblite biasanya melarang pengguna keluar di aplikasi facebook. Masalah ini hanyalah masalah biasa, ada juga masalah yang sama yaitu ketika kita login menggunakan kata sandi dan email yang sama namun muncul keterangan kalau kata sandi tidak valid. Cara mengatasinya sama saja, yang penting kita rajin mencoba.


Insentif Gagal terkirim

Ada dua faktor yang menyebabkan gagalnya penerimaan insentif, yang pertama kamu tidak memberi ratting dan ulasan pada situs pelatihan yang kamu ikuti. Dan masalah kedua terjadi pada akun e-wallet yang belum diupgrade dengan KTP atau identitas E-Wallet tidak sama dengan yang ada pada prakerja.

Solusinya adalah perbaiki kesalahan yang saya sebutkan diatas, lalu hubungi cs prakerja untuk meminta bantuan agar insentif yang gagal terkirim diproses ulang untuk menunggu antrian pengiriman.


Itulah beberapa cara mengatasi kesalahan atau error dalam mendaftar prakerja yang sebagianya pernah saya alami. Jika kamu punya permasalahan lain silakan tulis dikomen nanti aku bantu jawab ya.

Post a Comment for "Jenis-jenis error prakerja.go.id dan cara mengatasinya"