Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa biaya servis HP android itu mahal sekali?

Biaya Servis HP

Masnyontek - Suamiku bekerja sebagai tukang servis elektronika dirumah, bukan cuma sekedar teknisi elektro tapi ia juga bisa memperbaiki ponsel android. Dari sekian banyak orang yang ingin memperbaiki HP mereka lebih takut dengan harga ongkos yang mahal. Memang benar saja biaya perbaikan HP cukup mahal, bahkan ada yang setengah harga.

Kalau dihitung-hitung harga perbaikan setengah harga pasaran itu sama saja dengan membeli bekas dengan typ yang sama. Lantas apa yang mempengaruhi mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk jasa servis HP? Jawaban ini mungkin bisa membantumu, setiap malam kadang saat aku sedang bersama suami aku terkadang sering membicatakan pekerjaan suamiku itu. Sehingga aku sedikit memahaminya kenapa biaya ongkos bisa mahal.


Penyebab ongkos servis mahal!

Harga Sparepart • servis adalah kegiatan menganalisis kerusakan dan kemudian jika ada sparepart yang rusak maka harus diganti dengan yang baru. Harga komponen untuk setiap HP berbeda-beda, tapi untuk komponn aktif ponsel seperti LCD, Touschreen, IC harganya lumayan mahal karena benda tersebut merupakan teknologi yang cukup sulit dibuat. Harga komponen inilah yang membuat biaya ongkos yang dikluarkan untuk memperbaiki HP rusak jadi lebih mahal.

Tingkat Kesulitan • Kerusakan pada ponsel ada beragam jenisnya, ada yang sudah bisa langsung ditebak dan ada juga yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui kerusakan. Proses perbaikan ini sangat beresiko bagi tukang servis, terlebih lagi jika dia salah dalam proses pengerjaan bisa jadi suatu kerugian yang besar bukanya mendapatkan keuntungan. Pada dasarnya semakin sulit menemukan dan memperbaiki kerusakan hanphone maka harga ongkosnya juga akan lebih mahal, seorang teknisi berusaha memperbaikinya dengan segala resiko yang mungkin timbul.


Berapakah penghasilan teknisi HP?

Seorang teknisi pasti mempunyai ilmu yang tinggi sehingga mereka mampu bekerja dengan teknologi. Memecahkan masalah, bahkan berjuang melawan resiko kerugian yang terkadang bisa saja terjadi. Maka dari itulah hasilnya sedikit lebih besar, untuk jasa flashing Hanphone android saja suamiku patok harga 100ribuan.

Tergantung tingkat kesukitanya, biasanya untuk smartphone yang lebih kecil roomnya dikasih harga 75ribuan. Harga segitu lumayan murah, namun masih bisa dibilang cukup mahal bagi anak muda jaman sekarang, faktanya hanya sedikit dari mereka yang memmpunyai banyak uang.

Keuntungan dari bisnis servis ini tergantung banyak atau tidaknya user yang ingin memperbaiki ponselnya. Selain itu juga bergantung pada tingkat keberhasilan, kalau HPnya bisa diperbaiki berarti bisa masuk nota. dibalik keuntungan yang besar tersebut bisnis teknisi HP juga mempunyai resiko kerugian yang besar.

Jika saat diperbaiki HP malah jadi tambah rusak artinya tukang servis mau tidak mau harus mengganti HP milik orang lain. Ada banyak resiko yang bisa muncul walaupun tanpa ada kesalahan dari tukang servis HP, misalnya user nya kembali lagi ke toko karena hp nya kambuh. Disitu jika kesalahan ter-ulang berati kita harus meengerjakanya ulang tanpa dibayar yang termasuk ke dalam garansi servis, sesuai kesepakatan..


Apa saja yang dilakukan oleh tukang servis?

Pekerjaanya meliputi mencari apa saja kerusakan yang terjadi pada smartphone, biasanya tukang servis akan menanyakan secara langsung ke pengguna hp. Kenapa hp tersebut bisa rusak guna mencari tahu penyebabnya, apabila penyebab dan kerusakanya belum juga ditemukan maka sang teknisi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan ponsel ini juga ada biaya jasanya, apalagi kalau masalah kerusakanya sulit ditemukan. Misalnya hp mati total, maka ada banyak pemeriksaan yang harus dilakukan pada HP tersebut. Semuanya membutuhkan ketelitian agar tidak rusak kembali, pengecekan dilakukan secara bertahap hingga menemukan troublenya.

Setelah teknisi mengetahui dan yakin akan kerusakan pada suatu HP, maka komponen yang rusak tersebut akan diganti dengan yang baru. Apabila memungkinkan bisa saja diperbaiki sendiri, harga komponen pengganti tidaklah murah. Tergantung jenis komponen yang dibutuhkan, misalnya IC power mungkin harganya kisaran 25ribu hingga 100ribuan.

Itulah pekerjaan yang dilakukan oleh tukang servis, jadi jangan heran kalau harga jasa yang dipatok jauh lebih mahal. Kalau kamu penasaran coba tanyakan sendiri pada tukang servis hp, kenapa biayanya bisa mahal. Nanti pasti bakalan dijelaskan, alasan kenapa biaya bisa mahal.