Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seberapa penting backlink untuk sebuah Blog?

BackLink Backlink atau sering juga disebut link Building adalah komponen pendukung yang paling penting dalam dunia website. Backlink berfungsi menghubungkan antara satu halaman dengan halaman lainya, dan kemudian terciptalah World Wide Web atau jaringan web yang luas.

Dalam menghubungkan satu halaman dengan halaman lainya backlink juga digunakan oleh bot crawler untuk menemukan halaman web agar bisa diindexs oleh mesin pencari. Backlink ini berjenis backlink dofollow, pengaruh backlink terhadap suatu website sangatlah besar. Semakin banyak link building yang mengarah ke suatu halaman maka pengunjung halaman tersebut pasti akan banyak.

Bisa diibaratian sebagai promosi, situs kamu juga bisa muncul dihalaman pencarian, situs lain seperti whatapps, quora, kompasiana, facebook yang bisa menyumbang lebih banyak pengunjung ke halaman web yang kamu buat.

Jika ada yang bertanya seberapa pentingkah backlink bagi sebuah situs web? Jawabnya sangat penting sekali. Setelah kita mengetahui betapa pentingnya sebuah backlink sekarang kita pelajari dua jenis backlink yang sering dibahas.


Backlink Dofollow

Link jenis ini adalah link biasa yang dibuat menggunakan tag a href, cara membuatnya sangat mudah sekali. Kamu hanya cukup mengetikan <a href="https://URL Tujuan.com">Anchor teks / Judul</a>

Secara umum jenis dofollo memungkinkan robot perayap mengunjungi halaman situs yang dituju. Sehingga bisa mempercepat pengindeks-an halaman disemua mesin telusur.


Nofollow

Jenis backlink ini sama seperti diatas, hanya saja kita menambahkan atribut meta robots berupa rel=quot;nofollow", tujuanya agar semua bot perayap mengabaikan url tersebut. Sangat cocok digunakan jika kamu ingin meng-link ke situs web lain yang mungkin kualitasnya tidak terlalu bagus, reputasi domain kita akan tetap aman dari hukuman deindex mesin telusur.

Selain berdasarka dua contoh diatas janis backlink bisa dibedakan menjadi dua. Yakni ada backlink internal dan backlink eksternal, internal adalah link yang berasal dari situs kamu sendiri dan mengarah ke halaman lain pada situsmu sendiri. Sedangkan eksternal adalah backlink dari luar / situs lain yabg mengarah ke situs kamu.

Selain itu backlink juga bisa meningkatkan Domain Authority yang menjadi sebuah skala ukur mozz untuk menentukan kualitas dari sebuah website. Banyak orang beranggapa kalau DAnya tinggi semakin besar kemungkinan situs tersebut nangkring dihalaman pertama google.

Maka tidak heran jika ada yang menjual jasa backlink dengan harga yang pantastis. Untuk satu backlink saja bisa dihargai antara 150ribu hingga 350 ribuan. Bisnis ini sudah lama ada, dan termasuk ke dalam jaringan affiliate marketing dalam bidang konten placement.


Cara memaksimalkan Situs Web dengan Backlink

Agar memperoleh manfaat yang optimal dari sebuah backlink selain tambahan backlink otomatis kamu juga wajib menambahkan internal link secara manual ke suatu artikel. Tidak terlalu wajib dilakukan namun baik untuk seo, berusahalah minimal dalam satu artikel sematkan 3 buah link dengan tag href yang menuju ke artikel lain di blogmu pada topik yang sama.

Saya biasanya selalu melakukanya untuk merekomendasikan artikel lain dari dalam sebuah post. Hasilnya lumayan bagus, banyak orang penasaran akan link tersebut. Sehingga mereka membukanya dengan senang hati, saya juga mendapatkan keuntungan lain. Yaitu artikel saya jadi lebih cepat ter-index oleh mesin pencari, salah satunya adalah google. Tidak seperti biasanya membutuhkan waktu 1-3 minggu agar artikel berada di google, kini saya bisa menunggu 6-10 menit artikel saya sudah ada di halaman pencarian.

Hal ini disebabkan karena adanya bot spider yang merayapi artikel saya, dia kemudian merayapi url lain juga yang ada pada halaman tersebut dan langsung menambahkanya ke antrian indexs.

Betapa senangnya bisa diindex google dengnan cepat, apalagi kalau blog berita. Pasti membutuhkan lebih cepat indexing agar informasi tetap hangat ketika sampai ditangan pembaca.


Backlink & BrokenLink

Broken link adalah backlink yang URLnya mungkin sudah kadaluarsa atau sudah dihapus permanent. Backlink ini bisa merusak reputasi SEO yang sudah kita bangung, oleh karena itu kita harus rajin mengecek semua link yang ada di situs kita. Pastikan semuanya tidak ada link mati yang sudah dihapus...

Gunakan tools bernama Backlink Checker agar lebih mudah menemukan backlink yang sudah mati pada halaman web kita. Jika kamu menemukan backlink mati, sebaiknya segera hapus link tersebut. Link yang sudah mati selain merusak reputasi SEO bisa juga menyesatkan pengunjung.